RAPAT SELASA, 30 JULI 2024

Mengingat :

1. Pengumpulan KSP terakkhir Bulan Agustus 2. Poin-poin mutu

Menimbang :

1. Pembagian tugas KSP kepada semua guru. 2. Perubahan poin-poin dari Mutu

Memutuskan :

 

Sistematika Dokumen Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP)

Bagian awal ( PJ. Ustadz Sholeh)

  • Cover (U. Soleh)
  • Lembar Penetapan(U. Soleh)
  • Kata Pengantar(U. Soleh)
  • Daftar Isi(U. Soleh)

 

Bagian Isi 

  1. Karakteristik Satuan Pendidikan (PJ Ustadzah Ian) 
  1.  Analisis kekhasan daerah dan konteks sosial (U. Sholeh )
    • Analisis kekhasan daerah
    • Analisis konteks sosial budaya
  2. Karakteristik peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan (U. Ian)
    • mendeskripsikan karakteristik peserta didik
    • mendeskripsikan karakteristik pendidik dan tenaga kependidikan
  3. Capaian Rapor Pendidikan (U. Sholeh)

Memuat deskripsi capaian rapor pendidikan pada dimensi:

A.1 kemampuan literasi,

A.2 kemampuan numerasi,

A.3 karakter,

A.4 penyerapan lulusan,

D.1 kualitas pembelajaran,

D.4 iklim keamanan sekolah,

D.8 iklim kebhinnekaan,

D.9 link and match dengan dunia kerja

 

II. Karakteristik Program Keahlian (PJ. U. Nyaras)

 Mendeskripsikan karakteristik Program Keahlian

  • Visi Misi Tujuan dan Tujuan Program Keahlian Satuan Pendidikan

 1. Visi Satuan Pendidikan (U. Ian)

  • Merupakan gambaran masa depan yang ingin dicapai oleh satuan pendidikan.
  • Memberikan panduan/arahan serta motivasi.
  • Tampak realistis, kredibel dan atraktif.
  • Mudah dipahami, relatif singkat, ideal, dan berfokus pada mutu, serta memotivasi setiap pemangku kepentingan.

 

  1. Misi Satuan Pendidikan (U. Ian)
  • Pernyataan misi menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh satuan pendidikan.
  • Rumusan misi selalu dalam bentuk kalimat yang menunjukkan tindakan, bukan kalimat yang menunjukkan keadaan sebagaimana pada rumusan visi.
  • Antara indikator visi dan rumusan misi harus ada keterkaitan atau terdapat benang merahnya secara jelas. Satu indikator visi dapat dirumuskan lebih dari satu rumusan misi.
  • Menggambarkan upaya bersama yang berorientasi kepada peserta didik.
  1. Tujuan Satuan Pendidikan (U. Ian)
  • Tujuan harus serasi dan mendeskripsikan misi dan nilai-nilai satuan pendidikan.
  • Tujuan fokus pada hasil yang diinginkan pada peserta didik.
  • Tujuan harus spesifik, terukur, dapat dicapai dalam jangka waktu tertentu.
  • Satuan pendidikan dapat melakukan evaluasi.
  1. Tujuan Program Keahlian ( U. Nyaras)

Tujuan Program Keahlian yang selaras dengan tujuan satuan pendidikan

 

IV. Pengorganisasian Pembelajaran (PJ. U. Sholeh)

 Intrakurikuler (U. Soleh)

  • Memuat struktur kurikulum masing-masing kompetensi keahlian berdasarkan Permendikbudristek RI No 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah
  • Memuat 4 (empat) Program Layanan Bimbingan Konseling
  • Memuat Perencanaan pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan sesuai dengan Permendikbud 50 tahun 2020 tentang Praktik Kerja Lapangan bagi Peserta Didik
  • Terdapat penetapan durasi waktu praktik kerja lapangan

 

  1. Kokurikuler Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (U. Irma)
  • Memuat tema, dimensi, elemen, sub elemen, kegiatan dan alokasi waktu yang akan dilaksanakan pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jumlah tema untuk kelas X sebanyak 3, kelas XI sebanyak 2, dan kelas XII sebanyak 1.
  • Jadwal pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

 

  1. Ekstrakurikuler ( U. Devid)
  • Memuat ragam dan uraian tentang berbagai ekstrakurikuler di satuan pendidikan.
  • Terdapat jadwal pelaksanaan dan penilaian/asesmen yang dilakukan di luar jam belajar pada berbagai ekstrakurikuler di satuan pendidikan.

V. Perencanaan Pembelajaran Satuan Pendidikan

(PJ. U. Irma)

  1. Ruang Lingkup Satuan Pendidikan ( U. Soleh)
  • Penjabaran penyusunan perencanaan Tujuan Pembelajaran
  • Penjabaran penyusunan perencanaan Alur Tujuan pembelajaran
  • Penjabaran penyusunan perencanaan asesmen yang dilakukan pada satuan pendidikan

 

  1. Ruang Lingkup Kelas (Pj. U. Irma)
  • Identifikasi sumber belajar
  • Penjabaran penyusunan Modul Ajar
  • Penjabaran penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

 

  1. Evaluasi, Pengembangan Profesional dan Pendampingan (PJ. U. Ian)

 Evaluasi

  • Uraian evaluasi pembelajaran ( U. Soleh)
  • Uraian evaluasi profesi (u. Ian)
  • Uraian evaluasi kurikulum (u. Soleh)
  1. Pengembangan Profesional dan Pendampingan (U. Nyaras)
  • Uraian macam pengembangan profesional yang dilakukan pada satuan pendidikan
  • Uraian pendampingan pembelajaran
  • Uraian pendampingan profesi
  • Uraian pendampingan bersama industry

 

Bab VII. Penutup (Bagian akhir)

 

Lampiran (PJ. Sholeh)

  • Instrumen validasi KSP SMK Tahun 2024/2025
  • SK Napsa
  • Bukti Konsentrasi Keahlian
  • SK Kepala Sekolah tentang Kalender Pendidikan
  • Capaian Pembelajaran
  • Tujuan Pembelajaran
  • Alur Tujuan Pembelajaran
  • Modul Ajar
  • Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  • Dokumen Sinkronisasi Kurikulum (SKKNI / Dunia Kerja)
  • SK Pembagian Tugas dan Jadwal Pelajaran
  • SK Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK)
  • Pedoman Kenaikan Tingkat dan Kelulusan Siswa Satuan Pendidikan

 

MUTU

  1. Jurnal guru masuk di TU
  2. Perubahan Jadwal Piket Nyaras ( hari yang sama )
  3. Tugas Pokok di TU masuk ke Evaluasi (seperti penulisan buku induk dll)

Kesiswaan

  1. Konten Upload Setiap Hari (siswa magang) di kawal Sofa
  2. upload tiap sore
  3. misal Senin-Kamis = Picture
  4. jum’at = Podcast
  5. sabtu = Upload Konten video
  6. sarpras = tambah 2 lokal + pagar
  7. perbaiki mutu lulusan ( melalui soft skill dan perkembangan hafalan
  8. tracking study

Peserta Rapat:

Gus Rahman, Gus Inam, Ust. Sholih, Ust. Rizky, Ust. Devid, Ust. Farhan, Ustzah. Irma, Ustzah. Ian, Ustzah. Raras, Ustzah. Alfina, Semua Guru

Foto Kegiatan :

Bagikan :

Website Sekolah

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman

Hubungi kami di : +6282141875165

Kirim email ke kami[email protected]

Anda belum Terdaftar?

Jendela Informasi Sekolah yang mudah dan menyenangkan, Membaca Buku, Belajar dan Melihat Informasi Sekolah